PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Psikologi pendidikan
adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami
pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan yang kita pelajari
dalam lingkungan sekolah maupun dalam lingkungan perkuliahan, oleh karena
itu banyak yang kurang menyadari bahwa
psikologi pendidikan sangatlah penting untuk membentuk karakter seorang murid
menjadi lebih baik kedepannya nah tujuan dari pembelajaran psikologi pendidikan
ini adalah memberi kita pengetahuan riset yang secara efektif di aplikasikan
untuk situasi mengajar yang lebih
memahami tentang situasi, kondisi seorang murid yang akan berperan penting
dalam kondisi mengajar.
Cara mengajar yang efektif. Pengetahuan, keahlian propesional dan
komitmen, motivasi artinnya, guru yang efektif harus menguasai materi pelajaran
dan keahlian dan keterampilan mengajar yang baik dan memiliki setrategi
pengajaran yang baik dan didukung oleh metode penetapan tujuan, rancangan pengajaran,
dan manajemen kelas dan menciptakan komitmen-komitmen seorang murid agar murid
dapat menciptakan pemikiran yang lebih baik, sebagai guru yang efektif
hendaklah kita harus menguasai teknologi yang mulai sekarang sudah banyak
digunakan dalam pendidikan, kitalah yang akan mengajarkan murid tentang
teknologi agar murid tahu bagaimana mengunakan teknologi yang baik dan benar.
Sebagai guru, guru harus memberikan pemikiran
yang kritis kepada murid agar murid dapat berfikir yang lebih dalam dan akan
mencari tahu lebih dalam, berfikir itu adalah memanipulasi atau mengelola dan
menstransformasi informasi dalam memori, dan ini sering kali dilakukan untuk
menbentuk suatu konsep, bernalar dan berfikir secara kritis, membuat keputusan,
berfikir kreatif dan memecahkan masalah. Pemikiran kritis itu adalah reflektif
dan produktif dan melibatkan evaluasi bukti. Untuk membantu murid mentransfer
informasi dan menjadikannya suatu konsep pada murid, guru harus memikirkan murid
agar sukses dalam kehidupan, kita tidak ingin kan murid murid lulus sekolah
dengan membawa banyak pengetahuan tetapi tidak tahu cara mengaplikasikannya
kedunia nyata. Oleh karena itu guru harus memberikan murid banyak kesempatan
untuk mempelajari dunia nyata agar murid mempunyai wawasan yang lebih banyak
dan sajikan pula suatu konsep dengan pengaplikasiannya agar murid lebih
mengerti cara-cara pengaplikasiannya, unuk mengajarkan anak makna dan
mendapatkan pemahaman mendalam sehingga pemahaman murid akan meningkat jika
mereka aktif dalam mengonstruksi makna dan berusaha memahami materi yang
diberikan dan yang paling penting kita juga harus mengajarkan strategi
generalisasi.
Pendekatan konstruktivis
sosial untuk pengajaran, dalam pendekatan ini menggunakan sejumlah inovasi di
dalam pembelajaran di kelas dan pendekatan yang menekankan pada konteks sosial
dari pembelajaran dan bahwa pengetahuan ini di bangun dan dikonstruksi secara
bersama sehinnga membentuk suatu interaksi dan adannya kebutuhan timbal balik
antara guru dan murid. Sebagai seorang guru diharapkan dapat berkomunikasi
secara pendekatan bahasa keseluruhan artinnya ide bahwa instruksi membaca harus
paralel dengan pembelajaran bahasa natural anak dan materi bacaan hurus
menyeluruh dan bermakna artinnya dalam pembelajaran pembaca awal anak harus
diberikan materi dalam bentuk yang kompleks seperti cerita dan puisi. Dengan
cara ini, kata pendukung pendekatan ini, anak belajar memahami fungsu komuniasi
dalam bahasa dan ini akan menjadikan anak dapat membentuk suatu konsep yang
akan dikembangkan oleh anak menjadi kenyataan dan akan lebih mengerti tentang
bagaimana menciptakan suatu konsep dalam fikirannya
dan menjadikan pemikiran yang efektif dalam menciptakan proses pemikiran yang
sesusai dengan konsep yang diciptakan oleh seorang anak atau murid.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar