Rabu, 12 Maret 2014

PSIKOLOGI PENDIDIKAN

PSIKOLOGI PENDIDIKAN

           Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan yang kita pelajari dalam lingkungan sekolah maupun dalam lingkungan perkuliahan, oleh karena itu  banyak yang kurang menyadari bahwa psikologi pendidikan sangatlah penting untuk membentuk karakter seorang murid menjadi lebih baik kedepannya nah tujuan dari pembelajaran psikologi pendidikan ini adalah memberi kita pengetahuan riset yang secara efektif di aplikasikan untuk situasi mengajar  yang lebih memahami tentang situasi, kondisi seorang murid yang akan berperan penting dalam kondisi mengajar.
          Cara mengajar yang efektif.  Pengetahuan, keahlian propesional dan komitmen, motivasi artinnya, guru yang efektif harus menguasai materi pelajaran dan keahlian dan keterampilan mengajar yang baik dan memiliki setrategi pengajaran yang baik dan didukung oleh metode penetapan tujuan, rancangan pengajaran, dan manajemen kelas dan menciptakan komitmen-komitmen seorang murid agar murid dapat menciptakan pemikiran yang lebih baik, sebagai guru yang efektif hendaklah kita harus menguasai teknologi yang mulai sekarang sudah banyak digunakan dalam pendidikan, kitalah yang akan mengajarkan murid tentang teknologi agar murid tahu bagaimana mengunakan teknologi yang baik dan benar.
          Sebagai guru, guru harus memberikan pemikiran yang kritis kepada murid agar murid dapat berfikir yang lebih dalam dan akan mencari tahu lebih dalam, berfikir itu adalah memanipulasi atau mengelola dan menstransformasi informasi dalam memori, dan ini sering kali dilakukan untuk menbentuk suatu konsep, bernalar dan berfikir secara kritis, membuat keputusan, berfikir kreatif dan memecahkan masalah. Pemikiran kritis itu adalah reflektif dan produktif dan melibatkan evaluasi bukti. Untuk membantu murid mentransfer informasi dan menjadikannya suatu konsep pada murid, guru harus memikirkan murid agar sukses dalam kehidupan, kita tidak ingin kan murid murid lulus sekolah dengan membawa banyak pengetahuan tetapi tidak tahu cara mengaplikasikannya kedunia nyata. Oleh karena itu guru harus memberikan murid banyak kesempatan untuk mempelajari dunia nyata agar murid mempunyai wawasan yang lebih banyak dan sajikan pula suatu konsep dengan pengaplikasiannya agar murid lebih mengerti cara-cara pengaplikasiannya, unuk mengajarkan anak makna dan mendapatkan pemahaman mendalam sehingga pemahaman murid akan meningkat jika mereka aktif dalam mengonstruksi makna dan berusaha memahami materi yang diberikan dan yang paling penting kita juga harus mengajarkan strategi generalisasi.
          Pendekatan konstruktivis sosial untuk pengajaran, dalam pendekatan ini menggunakan sejumlah inovasi di dalam pembelajaran di kelas dan pendekatan yang menekankan pada konteks sosial dari pembelajaran dan bahwa pengetahuan ini di bangun dan dikonstruksi secara bersama sehinnga membentuk suatu interaksi dan adannya kebutuhan timbal balik antara guru dan murid. Sebagai seorang guru diharapkan dapat berkomunikasi secara pendekatan bahasa keseluruhan artinnya ide bahwa instruksi membaca harus paralel dengan pembelajaran bahasa natural anak dan materi bacaan hurus menyeluruh dan bermakna artinnya dalam pembelajaran pembaca awal anak harus diberikan materi dalam bentuk yang kompleks seperti cerita dan puisi. Dengan cara ini, kata pendukung pendekatan ini, anak belajar memahami fungsu komuniasi dalam bahasa dan ini akan menjadikan anak dapat membentuk suatu konsep yang akan dikembangkan oleh anak menjadi kenyataan dan akan lebih mengerti tentang bagaimana menciptakan suatu konsep dalam fikirannya dan menjadikan pemikiran yang efektif dalam menciptakan proses pemikiran yang sesusai dengan konsep yang diciptakan oleh seorang anak atau murid.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar